Senin, 27 Juni 2011

[Konsultasi Matematika] Simetri Lipat dan Simetri Putar

Simetri Lipat



Simetri lipat adalah... bingung saya jelasinnya (barangkali ada yang tahu pengertian simetri lipat, bisa dishare pengetahuannya di kotak komentar...) tapi mungkin akan terbantu dengan gambar dibawah ini (klik pada gambar untuk lebih jelas).







Intinya, apabila suatu bangun/bentuk memiliki simetri lipat, maka ketika dilipat menurut sumbu simetri bangun tersebut, akan terbentuk suatu bangun yang saling menutupi satu sama lain. Dengan kata lain tidak ada sisa pada lipatan tersebut.



Simetri Putar



Simetri putar adalah kesamaan bentuk jika diputar. Misalnya persegi panjang ABCD dibawah ini (sekali lagi, klik pada gambar untuk melihat lebih jelas).





Nah, persegi panjang tersebut memiliki 2 simetri putar. Pada saat diputar 180 derajat searah jarum jam, dan saat tidak diputar. Bangun datar dikatakan mempunyai simetri putar jika mempunyai paling sedikit 2 simetri putar. Jika hanya memiliki 1 simetri putar (yaitu pada saat bangun datar tersebut tidak diputar), maka bangun datar tersebut tidak memiliki simetri putar.



Simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar biasa



Ini dia banyak simetri lipat dan simetri putar pada bangun datar biasa.


















Bangun datarSimetri lipatSimetri putar
Persegi44
Persegi panjang22
Segitiga sama sisi33
Segitiga sama kaki10
Segitiga siku-siku00
Segitiga sembarang00
Trapesium sama kaki10
Trapesium siku-siku00
Trapesium sembarang00
Jajar genjang02
Belah ketupat22
Layang-layang10
LingkaranTak terhinggaTak terhingga


Sekian konsultasi matematika kali ini. Bila ada kesalahan mohon maaf dan koreksi saya dengan berkomentar dibawah. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar