![]() |
Logo speedy saat sekarang |
Selamat siang agan-agan!



Masalah ini biasa terjadi pada komputer/ laptop agan baru siap diinstall ulang atau baru beli.




Sebelum memulai perbaikan, sebaiknya agan lihat dulu syarat-syarat untuk memulai, berikut syarat-syaratnya:

- Pastikan agan telah membayar biaya bulanan telkom dan tidak jatuh tanggal tempo,
- Untuk yang menggunakan kabel, cek kabel modem di rumah apakah tidak bermasalah, kalau yang menggunakan Wi-fi tidak perlu.
- Cek telepon rumah apakah masih dapat dihubungi
, kalau yang menggunakan Wi-fi tidak perlu.
Apabila ketiga tahap tersebut telah dilalui dan aman-aman saja, maka kita mulai perbaikan koneksi internetnya.
- Cari ikon seperti pada gambar 1 (
) bagi yang windows 7, 8 dan vista. (sebut saja nama ikonnya "Internet Connection Tray"
Catatan:Gambar 1
Pilih ikon seperti yang ditunjukkan pada nomor 1
"Ikon seperti pada gambar nomor 1 tersebut adalah ikon yang menunjukkan bahwa komputer tersebut tersambung internet melalui kabel, dan apabila ikonnya seperti gambar sinyal di handphone itu menandakan bahwa komputer/ laptop terkoneksi internet melalui Wi-fi." - Pilih "Open Network and Sharing Center" bagi windows 7, 8, dan Vista.
- Pilih "Local Area Network" (seperti pada gambar 2 kotak merah nomor 3) hingga tampil jendela baru seperti pada gambar 3.
- Pilih "Properties" seperti yang ditunjukkan pada kotak merah nomor 4. Hingga tampil jendela baru seperti pada gambar 4,
Gambar 3
![]() |
Gambar 2 |
- Klik satu kali "Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)" hingga berwarna biru (seperti pada gambar 4 kotak merah nomor 5)
- Klik tombol "Properties" hingga tampil halaman baru seperti pada gambar nomor 5.
Pilih satu diantara 2 keadaan berikut
A. Untuk komputer yang terkoneksi internet melalui kabel:
Pilih "Use the following IP address:",
Masukkan 192.168.1.235 pada kolom "IP address:"
Masukkan 255.255.255.0 pada kolom "Subnet mask:"
Masukkan 192.168.1.1 pada kolom "Default gateway:"
Setelah itu, pilih "Use the following DNS server address", dan masukkan angka-angka berikut ini:
Masukkan 8.8.8.8 pada kolom "Preferred DNS server:"
Masukkan 8.8.4.4 pada kolom "Alternate DNS server:"
B. Untuk komputer/ Laptop yang menggunakan Wi-Fi:
Pilih "Obtain an IP address automatically", dan
Pilih "Obtain DNS server address automatically" - Klik OK dan tunggu beberapa saaat hingga tanda seru pada ikon internet connection tray tadi hilang. Setelah itu, cek apakah terkoneksi dengan internet dengan cara browsing.
- Selesai.
Bagi yang menggunakan kabel untuk akses internetnya masih tidak berhasil, mungkin saja IP address yang agan gunakan sudah dipakai oleh komputer lainnya, untuk itu ulangi langkah-langkah tersebut dari awal, tapi ubah IP address pada bagian akhirnya saja, contoh:
IP address sekarang adalah 192.168.1.235 ubah menjadi 192.168.1.234 klik OK. Kalau tidak mau juga, ubah 192.168.1.234 menjadi 192.168.1.233, dan seterusnya hingga hilang tanda seru pada ikon internet connection tray dan koneksi internet berjalan dengan lancar.

Apabila masih tidak mau juga,




Oke. Sekian dulu tentang Perbaiki Tanda Seru dan Network Unavailable Pada Koneksi Internet Speedy



Kalau ada yang tidak jelas silahkan saja masukkan komentar atau hubungi saya
pada bagian atas blog "Contact Us" (untuk kontak telepon bisa pada waktu siang menuju sore saja ya...


Tidak ada komentar:
Posting Komentar